drag

drag

Senin, 10 September 2012

Pilih Master Rem Untuk Pasang Kopling Hidrolik

 


Pernah dibahas cara bikin kopling hidrolik di Yamaha Scorpio . Namun master rem belum dibahas. Saat itu pembuat bilang butuh 3 master rem belakang untuk bikin kopling hidrolik. Padahal pakai 2 master rem variasi sudah cukup.

“Kalau mau hasilnya biasa, pakai 2 master rem sudah cukup. Satu untuk master dan satunya buat kaliper. Tapi, agar safety dan estetika gunakan master rem beda bentuk untuk yang di setang dan sebagai penonjok di bak mesin,” ujar Adri Bridjal Hanafie alias Mas Boy, mekanik Boy Motor Sport (BMS).

Biar enak dilihat, saran Mas Boy sisa 2 master rem, 1 dipasang di setang kanan buat rem depan. Lalu sisanya lagi buat master rem kopling hidrolik yang pasang di kiri setang. Cuma biar imbang posisinya, kedua master rem variasi ini mesti dibuatkan braket ke setang.

Oh iya, untuk membeli ke-3 master rem belakang variasi atau part asli, saran mas Boy pilih yang lubang kaki bautnya ada di arah jarum jam 3 dan 9. Sedangkan slang dan wadah minyak rem adanya mesti di atas atau di arah jam 12.


“Master rem model ini baru ada punya Kitaco. Kelebihannya posisinya bisa diputar balik, baik sebagai penekan dan yang ditekan. Sehingga bikin adaptornya juga mudah,” imbuh warga Pondok Sukatani Permai, Jl. Marquisa VII, No. 4, Cimangis, Bogor.

Untuk membuat braket adaptor master kanan dan kiri, siapkan pelat besi 5 mm dan 2 mm. Tidak lupa juga 2 penjepit setang yang biasanya ada di atas segitiga. Fungsi 2 penjepit setang itu digunakan sebagai penjepit adaptor master.

Pelat 5 mm dengan panjang 115 mm dan lebar 55 mm dibentuk sesuai lubang baut master kopling atau rem depan. Juga dudukan wadah minyak rem yang sudah dimodifikasi. Trus pelat dibor 6 mm, 2 buat dudukan lubang baut master dan 2 buat pengikat adaptor ke setang.

Sedang pelat 2 mm panjang 50 mm dan lebar 30 mm dibentuk buat dudukan tuas rem Honda Tiger custom yang nantinya dilas ke pelat utama. “Hal yang sama dilakukan pada master satunya,” wanti pemilik HP 0812-947-4400. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: