drag

drag

Minggu, 01 Juli 2012

Pasang Oil Cooler Di Yamaha Byson, Rp 650 Ribu Bikin Adem



Buat sobat pemilik Yamaha Byson yang kerap ‘berlari’ dengan tunggangan kesayangannya itu, bisa lirik langkah yang dilakukan Tje Chin. Pria yang tinggal di Jelambar, Jakarta Barat ini, aplikasi oil cooler di Byson lansiran 2010 miliknya.

“Motor ini rutin dipakai harian buat jarak tempuh jauh. Maka itu, biar mesin tetap adem dipasangin oil cooler. Yang jelas, power enggak drop,” sebut Tje Chin yang bilang jarak tempuh odometer-nya sudah tinggi.

Soal urusan pasang, doi enggak sendiri. Doi dibantu Yap Chin King, pemilik King Motor Sport (KMS). “Modalnya, cuma Rp 650 ribu. Itu juga sudah termasuk ongkos pasang,” sebut pria yang beken disapa Aking ini.

Mengaplikasi oil cooler dari Suzuki Satria FU150, memang perlu beberapa penyusuaian. Terutama dari jalur slang oli yang berasal dari oil cooler menuju bak kopling sebagai sirkulasi oli.

"Jalur slang dibentuk ulang. Karena beda antara Satria FU untuk dipasang ke Byson ini,” kata Aking dari workshop-nya di Jl. Anyar Raya No. 8, Jelambar, Jakarta Barat. Perubahan di slang, terutama bagian ujung-ujung slang. Mengubahnya di daerah Asem Reges, Jakarta Barat.























Setelah kondisi slang disesuaikan, tinggal bikin lubang baut pemasangan slang. “Dalam hal ini, mengambil jalur dari filter oli Byson yang ada disisi samping bak kopling,” kata pria asli Bangka yang bisa diajak konsultasi di HP 0816-115-1329.

Jalur filter di bak kopling ini berfungsi sebagai oli keluar dari engine buat menuju ke oil cooler. Melubanginya, pakai mata bor buat baut 14 mm yang biasa dipakai di master rem.

"Tapi, untuk sisi drat bagian dalam, panjangnya ditambahkan. Sebab jika tidak, takutnya pegangan baut enggak kuat dan mudah jebol,” tambahnya.

Jika sudah, tinggal bikin satu lubang lagi di bagian bak kopling. Ambil bagian atas, dimana kucuran oli yang masuk langsung ke sisi pelat kopling. Lubang juga dibuat dari mata bor dan baut yang sama.

Kini, semua tinggal merakit deh. Oh ya! Ketika pakai oil cooler, volume oli ditambah ya. Jika sebelumnya 1 liter, maka dibuat 1,2 liter. (motorplus-online.com)

Tidak ada komentar: